Bisnis Lesu, Xerox Dikabarkan Jual Saham ke Fujifilm

fuji xerox

Bisnis mesin cetak dan mesin fotocopy Xerox dilaporkan melemah. Hal ini dilaporkan dalam pembicaraan dengan produsen kamera Jepang Fujifilm untuk mencapai kesepakatan yang dapat meremajakan perusahaan teknologi dokumen yang berbasis di Connecticut, Amerika Serikat.

Kesepakatan bisa menghasilkan “perubahan kontrol” di Xerox. Akuisisi Xerox sendiri sudah sampai di level eksekutif dan pemegang saham. Namun baik Xerox maupun Fujifilm tak mau berkomentar soal ini.

Fujifilm dan Xerox memulai usaha patungan pada tahun 1960an, yang disebut Fuji Xerox Co., anak perusahaan gabungan perusahaan induk Fujifilm Holdings Corp. Fuji Xerox menyebar ke beberapa negara di kawasan Asia Pasifik, mengembangkan peralatan kantor dan percetakan.

Saat ini Fuji Xerox Co berkontribusi hingga separuh dari total penjualan produk dan laba operasional Fujifilm. Menyadari mulai lesunya bisnis mesin foto kopi, Fujifim beralih ke industri obat regeneratif.

Fujifilm Holdings melaporkan tahun lalu bahwa masalah akuntansi menyebabkan kerugian sebesar $ 340 juta. Tinjauan independen menunjukkan bahwa masalah berasal dari perjanjian sewa guna usaha di Australia dan Selandia Baru, dan meminta agar pengawasan diperkuat. Xerox memiliki 25% saham di perusahaan tersebut.

Pada bulan Desember, Carl Icahn, pemangku kepentingan terbesar Xerox yang memiliki  9,7 persen saham pada perusahaan tersebutmengkritik kepemimpinan Xerox karena menolak untuk “mengakui bahwa perubahan itu diperlukan,” khususnya di ruang rapat.

“Kami telah menunjukkan waktu dan waktu lagi bahwa mengganti CEO yang tidak efektif dapat menghasilkan miliaran dolar dan penciptaan nilai dolar bagi semua pemegang saham,” kata Icahn dalam sebuah surat terbuka kepada pemegang saham Xerox.

Xerox mempertahankan kinerjanya sejak pemisahan Conduent Inc. 2016, dengan mengatakan bahwa perusahaan telah menyampaikan janjinya kepada para pemegang saham dan berada di depan jadwal dalam rencana transformasi strategisnya.

Xerox adalah produsen terbesar di wilayah Rochester, di mana ia mempekerjakan sekitar 3.700 orang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *