Cara Memperbaiki & Menghentikan Paper Jam

paper jam fotocopy

Pernahkah Anda pergi ke copy center untuk fotocopy beberapa dokumen & ternyata kata tukang fotocopy nya mesin nya sedang paper jam? Atau, mungkin Anda adalah orang yang memiliki mesin fotocopy dan sedang mengalami peper jam?

Jika iya, artikel kali ini kita akan membahas cara memperbaiki dan mengatasi paper jam. Seperti di lansir dari sosny.com, berikut adalah langkah langkahnya :

Ketika paper jam terjadi, jangan panik

Jika Anda seperti kebanyakan orang, begitu Anda melihat kertas yang kusut dan tidak selaras di mesin fotokopi, dorongan pertama adalah panik dan cepat menariknya keluar.

Jangan lakukan itu! 

Jika Anda secara paksa menariknya keluar, itu mungkin akan menyebabkan kertas robek. Sepotong itu dengan mudah bisa terjebak di suatu tempat di mesin fotokopi. Itu hanya membuat masalahmu lebih buruk.

Selain itu jangan juga gunakan sesuatu alat/benda yang tajam yang dapat tergelincir dan merusak mesin fotokopi Anda.

Sebenarnya tidak sulit untuk membersihkan sehelai di mesin fotocopy digital. Layar akan memberi tahu Anda di mana letak selai itu, dan cara membersihkannya. Ikuti instruksi dan perlahan dan perlahan tarik keluar kertas.

Bagaimana cara memperbaiki kertas macet? Jauh lebih mudah daripada yang Anda kira
Mesin fotokopi modern saat ini berbasis komputer dan benar-benar dapat memandu Anda melalui proses pembersihan kertas macet. Panel kontrol beberapa mesin fotokopi, seperti model Canon, menunjukkan presentasi visual, langkah demi langkah tentang cara menghilangkan macet.

Layar akan meminta Anda untuk membuka pintu samping dan menunjukkan di mana letak macet. Keluarkan kertas dan tutup pintunya.

Penyebab umum masalah kertas macet
Apakah Anda tahu kebanyakan kemacetan kertas fotokopi disebabkan oleh kertas itu sendiri?

1. Kertas tidak selaras.
Ketika tumpukan kertas tidak selaras dengan benar di mesin, itu menyebabkan macet. Saat menambahkan rim kertas, masukkan dengan hati-hati dan hindari terlalu mengotori tempat.

2. Kertas lengket.
Kertas yang lengket dapat menyebabkan kemacetan kertas fotokopi. Anda harus memperbaiki kertas untuk memastikan tidak ada lembaran yang saling menempel. Kadang-kadang lem dari proses pengemasan menyebabkan lembaran atas saling menempel, yang akan menyebabkan macet.

3. Kertas tebal.
Kertas yang terlalu tebal untuk mesin sering menyebabkan kertas macet. Cari tahu bobot kertas yang dirancang untuk ditangani oleh mesin Anda. Jika Anda tidak yakin, mintalah bantuan perusahaan jasa fotokopi Anda.

4. Kertas lembab.
Pastikan Anda menggunakan kertas yang bersih dan bebas kelembaban. Lembab atau kertas kotor lebih mungkin macet.

5. Debu kertas.
Debu kertas dapat terkumpul di dalam mesin Anda dan menyebabkan macet kertas fotokopi. Banyak perusahaan mencoba memangkas biaya dengan menggunakan kertas daur ulang yang lebih murah dari rantai pasokan kantor.

Saat menggunakan kertas daur ulang mungkin bagus untuk lingkungan, tapi tidak begitu bagus untuk mesin fotokopi Anda. Kertas daur ulang menghasilkan lebih banyak debu. Debu dapat menyebabkan semua jenis masalah operasional dan gambar.

Jika masih belum bisa juga, lebih baik untuk memanggil pakar untuk memperbaiki paper jam.

Kapan Anda harus menghubungi perusahaan jasa mesin fotokopi Anda?

  1. Jika kemacetan kertas fotokopi sudah rumit & banyak kertas yang nyangkut
  2. Jika Anda tidak dapat membersihkannya sendiri.
  3. Mesin macet berulang-ulang.
  4. Dan anda sudah frustasi untuk mengatasinya 🙂

Kami memiliki rekomendasi perusahaan yang sudah berpengalaman dalam service mesin fotocopy, terutama dalam hal memperbaiki paper jam pada mesin fotocopy anda. Silahkan klik www.rzlfotocopy.com

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *